AKSI NYATA TOPIK 1
PENYEBARAN PEMAHAMAN KURIKULUM MERDEKA
EKO SETYONO, S.Pd. Ing.
SMP NEGERI 2 KESESI
Apa yang dimaksud kurikulum?
Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar.
Sebagai edoman aktivitas belajar mengajar, kurikulum harus sesuai dengan kebutuhan murid dan perkembangan jaman, untuk membantu murid menghadapi dunia yang penuh dengan tantangan.
Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang sesuai dengan zaman. Kurikulum bersifat dinamis dan terus dikembangkan sesuai kebutuhan murid di masa kini maupun di masa yang akan datang.
Perlukah kurikulum berubah?
Maksud pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi- tingginya, baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat (Ki Hajar Dewantara).
Demi menuntun kodrat murid-murid kita, kurikulum harus menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Pembelajaran yang diselenggarakan harus bisa mengikuti dan memahami tren yang berkembang di kalangan murid. Anak-anak sekarang lahir dengan menggengam teknologi di tangan mereka, berbeda dengan masa sepuluh atau duapuluh tahun yang lalu.
Perkembangan dunia yang makin cepat dan instan, harus bisa dihadapi oleh dengan langkah yang tepat, agar, pembelajaran yang kita lakukan bisa semaksimal mungkin menuntun para murid untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya dan siap menghadapi berbagai tantangan yang menghadang mereka.
Jadi kurikulum memang HARUS berubah.
Bagaimana mewujudkannya?
Seluruh komponen bangsa, pemerintah, orang tua, guru, dan masyarakat luas bergerak bersama sesuai dengan peran masing-masing untuk menyatukan persepsi dan upaya dalam rangka memenuhi kebutuhan belajar para murid demi tercapainya tujuan pendidikan nasional bangsa Indonesia.
Bagaimana menurut anda? Tulis di kolom komentar ya.
Terima kasih

